Rabu, 22 Oktober 2014

perkembangan teknologi di bojonegoro

Berkembangnya Tehnologi Informasi Komunikasi di Bojonegoro, harus diimbangi dengan para pelaksana di seluruh SKPD dan Kecamatan serta BUMD, agar dalam pelayanan masyarakat bisa lebih akurat terkait perkembangan pembangunan. Masyarakat membutuhkan informasi cepat, akurat dan handal untuk itu perlu memberikan pemahaman bagi operator SKPD untuk bisa mengoperasionalkan Tehnologi. 

Bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro, Rabu pagi (21/5/2013) Kominfo mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Peralatan TIK.
“ Berdasarkan informasi tentang TIK, perlu adanya peningkatan kualitas layanan pemerintah, dan selalu tanggap dengan perubahan kebutuhan masyarakat dan pihak yang berkepentingan seperti SKPD yang menjadi pelayan masyarakat, sudah barang tentu dapat memberikan informasi cepat, handal dan akurat,” Terang EC. Djumari selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro saat membuka pelaksanaan sosialisasi.
Dijelaskan oleh EC. Djumari, bahwa Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat secara transparan dengan menggunakan sistem secara terpadu guna mendukung pelayanan publik yang dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat. “ Semua SKPD harus menyediakan pengolahan data, informasi dan sistem manajemen secara elektronik, sehingga bila ada permintaan data apapun dari masyarakat bisa dengan cepat, mudah dan akurat diterima masyarakat,” Terangnya singkat.
Sementara itu, Sutrisno Mawa Putra selaku Kasi Pengembangan Perangkat Keras Bidang Pengembangan Teknologi Informasi (PTI) Dinas Kominfo, menjelaskan pada pelaksanaan sosialisasi Pemanfaatan Peralatan TIK, akan dilakukan 2 hari  (21-22/5/2013) untuk hari pertama ada 37 operator Web site dari SKPD (Dinas, Badan, dan Bagian). Sedangkan untuk hari 2 akan diikuti 34 operator dari Kecamatan, Kantor dan RSUD.
Masih kata Sutrisno, bahwa infrastruktur jaringan komputer Kabupaten Bojonegoro tersedia layanan, Koneksi seluruh Dinas, Badan, Bagian lingkup Setda Kabupaten Bojonegoro. Ada 27 Kecamatan yang memiliki FO, Wifi dan VSAT. 10 Hotspot internet untuk layanan umum yang tersebar dibeberapa tempat strategis, 1 unit CCTV/IP Camera di Lolasi pemantau banjir, 4 Unit CCTV/IP Camera di Lingkup Setda, 8 CCTV/IP Camera untuk pemantau lalu lintas dan 2 Unit Vidio Conference.
Ditambahkan oleh Milki Teguh Bagia Irawan Kasi Pengembangan Perangkat Lunak, bahwa pemanfaatan peralatan TIK perlu juga melihat Standar operation prosedure (SOP) penggunaan dan pemanfaatan peralatan TIK, dengan begitu semua pemakaiannya dapat dikerjakan dan digunakan tanpa harus takut untuk salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar